Ingin Liburan Lagi, Simak Tips Melindungi Diri Saat Wisata

Jakarta – Satgas Penanganan Covid-19 masih menemukan masyarakat yang belum memenuhi protokol kesehatan saat melakukan pemantauan di liburan panjang pada akhir Oktober lalu.

Walau libur panjang telah lewat, Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan masyarakat bisa jadi setiap akhir pekan ada keinginan untuk berwisata. Ia pun memberikan sejumlah tips guna melindungi diri dan keluarga saat bepergian.

“Pertama selalu menggunakan masker, dan ini wajib, wajib, wajib jangan dilepas saat bepergian,” kata Dewi dalam Dialog Satgas Penanganan Covid-19 yang disiarkan daring, Rabu, 4 September 2020.

Dewi menuturkan penggunaan masker menjadi yang paling utama untuk diterapkan saat keluar rumah. Langkah yang kedua, kata Dewi, periksa kembali destinasi wisatayang akan dikunjungi. Pastikan apakah destinasi menyiapkan dan menjalankan protokol kesehatan atau tidak.

Persoalannya, menurut Dewi, tak semua tempat wisata menerapkan protokol kesehatan seperti melakukan disinfeksi. “Kita tidak tahu semua sehat atau tidak. Protokol kesehatan diterapkan atau tidak. Bila tidak, kembali saja,” ujarnya.

Ketiga adalah selalu jaga jarak dengan orang lain minimal 1,5 meter. Dewi mengatakan hal itu harus diterapkan walaupun bertemu dengan saudara maupun teman dekat. Selanjutnya, Dewi mengimbau untuk selalu mencuci tangan dengan sabun.

Hal itu harus diterapkan ketika sebelum berangkat dan tiba di destinasi wisata. Apabila tak ada air mengalir dan sabun, Dewi menyarankan untuk membawa hand sanitizer. “Bawa perlengkapan pribadi hand sanitizer yang kecil karena itu wajib untuk dibawa kemana-mana,” kata Dewi.

Bagi wisatawan muslim, Dewi menyarankan untuk membawa peralatan ibadah sendiri. Bahkan, bila bepergian membawa bekal, pastikan alat makan pun jangan digunakan secara bergantian.

Yang perlu selalu diingat juga, kata Dewi, jangan menyentuh wajah bila tak yakin tangan dalam keadaan bersih. Meski liburan tidak dilarang, Dewi mengatakan masyarakat akan lebih aman menghabiskan waktu liburan dengan aktivitas bersama keluarga di rumah saja.

Sumber: Tempo.co

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Popular

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA LAINNYA

Ingin Liburan Tahun Baru Saat Pandemi? Siapkan Ini agar Tak Menyesal

JAKARTA – Perayaan Natal dan Tahun Baru, kenaikan kasus Covid-19 terus terjadi dan menyebabkan banyak wilayah menerapkan pembatasan. Anda mungkin telah menyiapkan dan merancang...

Ini 5 Kuliner Juara Bumi Borneo

Kalimantan Timur sudah terkenal sebagai destinasi wisata yang indah. Ada Pulau Derawan hingga Maratua yang kerap disambangi turis. Demikian juga dengan urusan kuliner, Kaltim...

Sedap Banget! Ini 5 Menu Sarapan Khas Kalimantan Tiimur

Kalimantan Timur telah dinyatakan sah sebagai lokasi ibu kota baru untuk Indonesia yang baru. Ada beragam kuliner sedap buat mengawali hari. Kalimantan Timur punya kuliner khas...

Paling Dicari lewat Google, Inilah 5 Destinasi untuk Liburan Akhir Tahun

JAKARTA - Menjelang libur akhir tahun, pencarian destinasi wisata di mesin pencarian meningkat. Ada lima destinasi wisata paling populer yang dicari netizen lewat Google. Berdasarkan...