Ingin Liburan Tahun Baru Saat Pandemi? Siapkan Ini agar Tak Menyesal

JAKARTA – Perayaan Natal dan Tahun Baru, kenaikan kasus Covid-19 terus terjadi dan menyebabkan banyak wilayah menerapkan pembatasan. Anda mungkin telah menyiapkan dan merancang perayaan tahun baru dengan tetap pergi berlibur ke suatu destinasi. Namun, tentunya liburan di masa pandemi Covid-19 memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan dalam kondisi sebelum pandemi.

Senior Manager Business Development Sequis Yan Ardhianto Handoyo mengatakan, akan lebih bijak bila berlibur di rumah atau dalam kota saja selama masa pandemi ini. Jika dipaksakan, akan ada biaya ekstra, seperti biaya penginapan dan transportasi.

Yan berpendapat, lebih bijaksana jika dana ekstra dialokasikan untuk kepentingan yang lebih prioritas. “Liburan dengan stay at home pun tetap bisa menyenangkan. Justru malah lebih bisa berhemat di tengah situasi pandemi dan ancaman resesi karena tidak ada biaya penginapan, transportasi, tiket masuk atraksi wisata, dan bisa memasak sendiri,” ujar Yan melalui siaran pers, beberapa waktu lalu.

Kalaupun harus melakukan perjalanan ke luar kota, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan beberapa hal, seperti biaya liburan yang idealnya dipersiapkan jauh hari sebelumnya dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan setiap bulan agar tidak mengganggu cash flow.

Tidak ada patokan khusus yang harus disisihkan setiap bulannya untuk berlibur, tergantung seberapa besar perkiraan yang akan keluar untuk berlibur dan seberapa lama target untuk menyiapkannya. “Sebaiknya hindari liburan spontan tanpa dana yang dipersiapkan sebelumnya. Jangan sampai demi memuaskan keinginan berlibur, Anda sampai mencairkan deposito dan reksa dana atau menjual perhiasan. Liburan yang terencana pun bisa meleset biayanya dari yang sudah dianggarkan. Apalagi, jika liburan spontan dilakukan saat pandemi yang banyak mengandung risiko baik kesehatan maupun finansial,” ujar Yan.

Selain mempersiapkan finansial, Anda juga perlu untuk melengkapi diri dan keluarga dengan asuransi sebagai cara melindungi finansial jika terjadi risiko selama perjalanan berlibur. “Asuransi adalah jaring pengaman jika dalam perjalanan atau saat berlibur terjadi sakit, kecelakaan, atau meninggal dunia. Hal ini mungkin terdengar berlebihan. Namun, hanya karena kita sudah mematuhi rambu lalu lintas, bukan artinya kita bisa mengontrol pemakai jalan lain yang bisa saja tidak patuh pada rambu lalu lintas atau kondisi jalan raya yang rawan kecelakaan,” jelas Yan.

Selain itu, Anda dapat memilih tujuan wisata yang tidak termasuk dalam zona merah dan menggunakan mobil pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum, pastikan pemesanan tiket dilakukan secara online guna menghindari antrean panjang. Jangan lupa patuhi protokol kesehatan selama perjalanan, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan dan selalu membawa hand sanitizer.

Jika harus singgah ke suatu lokasi, pastikan tetap menggunakan masker dan akan lebih baik jika ditambah dengan face shield demi keamanan kesehatan Anda dan keluarga. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Mau Liburan Tahun Baru Saat Pandemi? Siapkan Ini agar Tidak Menyesal

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Popular

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA LAINNYA

Ingin Liburan Tahun Baru Saat Pandemi? Siapkan Ini agar Tak Menyesal

JAKARTA – Perayaan Natal dan Tahun Baru, kenaikan kasus Covid-19 terus terjadi dan menyebabkan banyak wilayah menerapkan pembatasan. Anda mungkin telah menyiapkan dan merancang...

Ini 5 Kuliner Juara Bumi Borneo

Kalimantan Timur sudah terkenal sebagai destinasi wisata yang indah. Ada Pulau Derawan hingga Maratua yang kerap disambangi turis. Demikian juga dengan urusan kuliner, Kaltim...

Sedap Banget! Ini 5 Menu Sarapan Khas Kalimantan Tiimur

Kalimantan Timur telah dinyatakan sah sebagai lokasi ibu kota baru untuk Indonesia yang baru. Ada beragam kuliner sedap buat mengawali hari. Kalimantan Timur punya kuliner khas...

Paling Dicari lewat Google, Inilah 5 Destinasi untuk Liburan Akhir Tahun

JAKARTA - Menjelang libur akhir tahun, pencarian destinasi wisata di mesin pencarian meningkat. Ada lima destinasi wisata paling populer yang dicari netizen lewat Google. Berdasarkan...