Ini 5 Kuliner Juara Bumi Borneo

Kalimantan Timur sudah terkenal sebagai destinasi wisata yang indah. Ada Pulau Derawan hingga Maratua yang kerap disambangi turis. Demikian juga dengan urusan kuliner, Kaltim juga memiliki banyak kuliner enak dan khas. Apa saja ya?

1. Nasi bekepor

Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Ini 5 Kuliner Juara Bumi BorneoFoto: Istimewa

Nasi bekepor merupakan nasi liwet kahas Kutai yang dahulu menjadi makanan para raja. Nasi bekepor dimasak dengan minyak sayur, rempah-rempah, dan potongan ikan asin dalam kuali besar. Umumnya nasi bekepor disajikan bersama sayur gangan asam kukar.

Sayur itu mirip sayur asem, hanya saja ditambah ikan dan ubi manis khas Kaltim. Pelengkap lainnya adalah daging bumbu kecap dan sambal raja. Racikan sambal ini unik karena berupa sambal blacan/terasi dengan rasa asam dari kucuran jeruk China.

2. Bubur pedas

Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Ini 5 Kuliner Juara Bumi BorneoFoto: Istimewa

Bubur pedas sebenarnya merupakan makanan khas suku Sambas, Kalimantan Barat. Tapi makanan ini juga sangat populer di Kaltim. Sesuai namanya, bubur pedas bercita rasa pedas dengan sentuhan rempah. Bubur ini juga unik karena memakai beras yang sudah disangrai dan daun kesum.

Beberapa rempah yang dipakai adalah jinten, lada hitam, hingga cabai. Bubur pedas lalu dinikmati dengan tambahan teri dan kacang goreng. Uniknya bubur pedas juga jadi makanan khas di Sarawak, Malaysia. Biasanya disajikan ketika bulan ramadan.

3. Ayam cincane

Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Ini 5 Kuliner Juara Bumi BorneoFoto: Istimewa

Ayam cincane dulunya hanya dijumpai saat perayaan besar seperti pesta pernikahan atau acara sambut tamu di Kaltim. Namun kini banyak rumah makan menyajikan ayam cincane. Kunci kelezatannya ada pada penggunaan ayam kampung.

Ayam lalu dibumbui ragam rempah seperti jahe, lengkuas, dan kemiri. Sensasi aroma dan rasa ayam bakar makin enak karena dibakar dengan bara api. Biasanya ayam cincane disuguhkan bersama sambal tomat.

4. Gence ruan

Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Ini 5 Kuliner Juara Bumi BorneoFoto: Istimewa

Tak banyak yang tahu, Kaltim punya makanan khas berbahan ikan yaitu gence ruan. Hidangan ini memakai ikan gabus atau ikan haruan yang dibakar di atas bara api. Penggunaan bumbu tumis membuat rasanya makin gurih.

Setelah itu ikan bakar dilumuri sambal goreng yang pedas. Beberapa bumbunya adalah bawang merah, tomat merah, dan cabai merah besar. Jodoh paling pas untuk gence ruan adalah nasi hangat dan tumis pakis yang renyah segar.

5. Pisang gapit

Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Ini 5 Kuliner Juara Bumi BorneoFoto: Istimewa

Terakhir ada makanan manis yang khas dari Kaltim, pisang gapit. Kata gapit berasal dari bahasa Banjar dan Kutai yang artinya jepit. Pisang gapit dibuat dari pisang kepok atau pisang tanduk setengah matang yang dipanggang dengan cara dijepit.

Untuk penyajiannya, pisang gapit dipencet sampai pipih dan ditambahkan saus karamel berbahan gula merah dan santan kental. Pisang gapit mudah dijumpai di pinggir-pinggir jalan Samarinda. (**)

Sumber; food.detik.com

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Popular

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA LAINNYA

Ingin Liburan Tahun Baru Saat Pandemi? Siapkan Ini agar Tak Menyesal

JAKARTA – Perayaan Natal dan Tahun Baru, kenaikan kasus Covid-19 terus terjadi dan menyebabkan banyak wilayah menerapkan pembatasan. Anda mungkin telah menyiapkan dan merancang...

Ini 5 Kuliner Juara Bumi Borneo

Kalimantan Timur sudah terkenal sebagai destinasi wisata yang indah. Ada Pulau Derawan hingga Maratua yang kerap disambangi turis. Demikian juga dengan urusan kuliner, Kaltim...

Sedap Banget! Ini 5 Menu Sarapan Khas Kalimantan Tiimur

Kalimantan Timur telah dinyatakan sah sebagai lokasi ibu kota baru untuk Indonesia yang baru. Ada beragam kuliner sedap buat mengawali hari. Kalimantan Timur punya kuliner khas...

Paling Dicari lewat Google, Inilah 5 Destinasi untuk Liburan Akhir Tahun

JAKARTA - Menjelang libur akhir tahun, pencarian destinasi wisata di mesin pencarian meningkat. Ada lima destinasi wisata paling populer yang dicari netizen lewat Google. Berdasarkan...