Pantai Istana Amal, “Ancol” Ala Penajam Paser Utara

PENAJAM – Potensi wisata Kabupaten Penajam Paser Utara bisa dibilang tak kalah dibanding daerah lain di Kaltim. Hanya saja seringkali karena minimnya promosi, potensi tersebut banyak dilupakan orang.

Tapi kini zaman sudah berubah. Hanya dengan memanfaatkan media sosial, promosi bisa dilakukan dengan sangat mudah, dan nyaris tanpa biaya sedikitpun.

Pantai Istana Amal Penajam contohnya. Saat dibuka akhir Agustus lalu, hanya segelintir orang yang tahu jika di Kecamatan Penajam, ada pantai cantik yang nyaman dan pastinya Instagramable.

Konsep pembangunan kawasan pantai ini adalah penggabungan sejumlah destinasi wisata di Indonesia.

Berkat medsos pula, pengunjung yang tadinya bisa dihitung dengan jari, terus bertambah dan kini sampai ratusan orang apalagi di akhir pekan. Seiring viralnya Pantai Istana Amal, yang datang bukan hanya warga PPU, tapi juga wisatawan dari daerah dan provinsi lain.

Andrioyono, Direktur SDM Pantai Istana Amal menyebut untuk menarik lebih banyak wisatawan, pihaknya terus membenahi berbagai fasilitas hiburan yang ada di tempatnya.

Mulai dari kafe, resto, wahana permainan anak, motor trail, mini motor, mini ATV dan besar termasuk sepeda. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati hiburan tadi sangat ramah kantong, Rp 15 ribu – Rp 35 ribu.

Diharapkan, lanjut Andrioyono, Pantai Istana Amal bisa menjadi alternatif hiburan tak hanya bagi warga PPU tapi juga Kaltim. “Atau malah nasional, ‘kan PPU mau jadi ibu kota negara,” kata Andriyono, Senin (26/10/2020).

Dengan sedikit berseloroh, dia berharap Pantai Istana Amal kelak bisa menjadi “Ancol-nya” Penajam Paser Utara. Dimana keberadaannya membawa berkah sebagai ladang pendapatan daerah baru bagi Pemkab PPU, tapi juga menciptakan lapangan kerja bagi warga di sekitar pantai. (ndr)

Sarana di Pantai Istana Amal, “Ancol” Ala Penajam Paser Utara
1 Karaoke : 3 lagu Rp 10 ribu
2 Tran poline Rp 10 ribu/orang
3 Istana balon Rp 15 ribu/orang
4 Sepeda semua jenis Rp 15 ribu/20 menit
5 Motor trail mini Rp 25 ribu /15 menit
6 Motor ATV kecil Rp 30 ribu/15 menit
7 Motor ATV besar Rp 35 ribu /15 menit
8 Shisha kecil Rp 25 ribu
9 Shisha besar Rp 35 ribu

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Popular

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA LAINNYA

Ingin Liburan Tahun Baru Saat Pandemi? Siapkan Ini agar Tak Menyesal

JAKARTA – Perayaan Natal dan Tahun Baru, kenaikan kasus Covid-19 terus terjadi dan menyebabkan banyak wilayah menerapkan pembatasan. Anda mungkin telah menyiapkan dan merancang...

Ini 5 Kuliner Juara Bumi Borneo

Kalimantan Timur sudah terkenal sebagai destinasi wisata yang indah. Ada Pulau Derawan hingga Maratua yang kerap disambangi turis. Demikian juga dengan urusan kuliner, Kaltim...

Sedap Banget! Ini 5 Menu Sarapan Khas Kalimantan Tiimur

Kalimantan Timur telah dinyatakan sah sebagai lokasi ibu kota baru untuk Indonesia yang baru. Ada beragam kuliner sedap buat mengawali hari. Kalimantan Timur punya kuliner khas...

Paling Dicari lewat Google, Inilah 5 Destinasi untuk Liburan Akhir Tahun

JAKARTA - Menjelang libur akhir tahun, pencarian destinasi wisata di mesin pencarian meningkat. Ada lima destinasi wisata paling populer yang dicari netizen lewat Google. Berdasarkan...